Wednesday, April 06, 2005

Kalau memang sudah niat.

Biaya untuk menjalankan 'bisnis internet'-nya Anne Ahira memang tidak sedikit. Tapi jangan berkecil hati dulu, coba simak Tips dari salah seorang anggota Elite Team ini:

Banyak orang yang mengira bahwa mereka harus punya penghasilan sebesar minimal sekian rupiah untuk bisa menjalankan bisnis ini. Sebagai contoh, kalau setiap bulan mereka harus bayar $88 dolar untuk Rep Fee dan Aweber, plus lagi biaya iklan online, sehingga total sekitar $100 - 120 per bulan, ini berarti mereka juga harus memiliki penghasilan utama yang lebih besar dari itu. Katakan sebesar, yaah... Rp 2 juta per bulan (sekitar $180). Makin besar makin baik. Apakah betul demikian?

Psst, saya mau kasihtau Anda satu rahasia.
Jawab saya: TIDAK.

Kenapa begitu? Mari kita perhatikan sama-sama. Setiap orang, katakan saja mereka bekerja dan dapat gaji. Mereka pasti punya penghasilan dan pengeluaran. Betul? Katakan saja gajinya Rp 1 juta. Dari gaji itu, ia menghabiskan gaji itu untuk pengeluaran bulanan, yang besarnya juga sama segitu juga, yaitu Rp 900rb s/d 1 juta. Jadi, gajinya habis. Pertanyaannya sekarang, apakah dia tidak bisa menjalankan bisnis ini? Jawabnya, MASIH BISA.

Mungkin Anda bingung, "Lho...bagaimana nanti si prospek itu akan membayar Biaya Bulanannya? Kan gajinya juga cuma sejuta-sejutanya..."

Pemecahan dari saya sederhana: dia bisa membayar Biaya Bulanan itu BUKAN dari gajinya, tapi dari SIMPANANNYA.

Naaah......

Rekan-rekan Elite Team, tolong bedakan antara PENGHASILAN dan SIMPANAN.

PENGHASILAN adalah uang kas yang masuk kepada Anda setiap bulannya. Wujudnya bisa berupa gaji, hasil jualan rutin di warung, jual keahlian dan dapat honor, dst. Prinsipnya, penghasilan adalah cash flow yang masuk kepada Anda SETIAP BULANNYA. Sedangkan...

SIMPANAN adalah uang yang Anda simpan dari penghasilan Anda, terlepas berapapun penghasilan Anda. Entah penghasilan Anda besar atau kecil. Bahkan, SIMPANAN juga bisa dimiliki seseorang bahkan ketika dia belum bekerja sekalipun, seperti SIMPANAN yang didapat dari warisan, pemberian orangtua, atau apapun. Dan seringkali, Simpanan ini tidak selalu berbentuk uang tunai di tangan maupun di tabungan, tapi juga di deposito, atau bahkan di reksa dana.

Jadi, bisa saja seseorang punya penghasilan hanya Rp 1 juta sebulan, atau Rp 700 ribu sebulan. Tapi, kalau dia punya simpanan Rp 20 juta? Banyak lho orang2 disekililing kita yang gajinya sangat biasa-biasa saja, tapi punya simpanan yang cukup. Katakan saja dia punya simpanan Rp 20 juta. Dari situ, sekitar Rp 2-3 juta nya kan bisa dia pakai untuk 3 bulan pengeluaran dia di bisnis ini?


Kalau memang sudah niat, tabungan dan warisan orangpun diembat juga.
Ck ck ck...